KUTAI TIMUR – Mengasah keterampilan dan mendapatkan ilmu dapat dilakukan dengan beragam cara. salah satunya dengan  Pendidikan  diselenggarakan untuk meningkatkan modal manusia di era global saat ini. Mengantisipasi perubahan-perubahan yang
begitu cepat serta tantangan yang semakin besar dan kompleks.

Tidak ada jalan lain bagi lembaga pendidikan untuk mengupayakan segala cara dalam meningkatkan daya saing lulusan serta produk-produk akademik lainnya, antara lain
dicapai melalui perbaikan sistem pendidikan. Upaya ini diharapkan dapat melahirkan manusia-manusia yang berkualitas sebagai bagian dari suatu masyarakat yang terus belajar

Dinas Pariwisata Kabupaten Kutai Timur (Kutim) baru-baru ini telah melangsungkan pelatihan kecantikan Make Up Artist (MUA) sebagai salah satu program peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM).

Kepala Dispar Kutim Nurullah menyampaikan pelatihan MUA ini ternyata banyak diminati tak hanya kaum muda namun juga paruh baya, atau ibu rumah tangga (IRT).

Tak hanya demikian, pelaksanaan ini juga atas dasar pemikiran kedepannya. Yang mana pariwisata digadang-gadang akan meningkatkan perekonomian masyarakat dalam jangka panjang.

“Awalnya kita ragu, tetapi ternyata kita coba dan Alhamdulillah antusiasnya luar biasa sekali. Banyak sekali yang berminat, padahal kita buka hanya 20 sampai 30 peserta saja, namun nyatanya yang terdaftar saat ini sudah 72 orang,” ucapnya, Selasa (9/11/2021).

Yang dimaksudkan peningkatan SDM dan perekonomian masyarakat adalah, kaum muda dan IRT yang mengikuti pelatihan ini diharapkan bisa mengembangkan skill dan kemampuan untuk sekedar meraup keuntungan.

Tak hanya itu, Nurullah menilai bahwa pelatihan ini tidak hanya memberikan keuntungan secara materi saja, namun juga pengalaman baru yang kemungkinan akan terjadi dimasa depan.

“Kita tidak tau, siapa tau dengan adanya pelatihan ini, mereka jadi jago lalu diundang ke berbagai daerah. Bukan tidak mungkin loh bagi mereka bisa jalan-jalan ke luar daerah dengan modal pelatihan ini,” bebernya.

Beberapa perwakilan yang diambil yakni :

  1. Sangatta Utara
  2. Sangatta Selatan
  3. Rantau pulung
  4. Bengalon
  5. Teluk Pandan

Nurulah menuturkan bahwa Pelatihan tersebut digelarnya selama tiga hari dan menggandeng brand seperti Inez dan NUSkin. Peserta sendiri diambil dari beberapa perwakilan kecamatan yang ada di Kutim. (Adv)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here