Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (Diskop UKM) Kutai Timur, Darsafani saat menyampaikan sambutan (17/11/2021). (foto: bollem)

KUTAI TIMUR– Melalui Bimtek Kemitraan Diskop UKM Kutim Update Data Koperasi. Sebanyak 28 orang mengikuti bimbingan teknis (BimteK) kemitraan dan jaringan usaha koperasi perkebunan. Bimtek gelaran Dinas Koperasi dan Usaha Kecil (UKM) Kabupaten Kutim itu, di buka Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kutim Darsafani, Senin (22/11/2021) di Teras Belat (Restauran), Sangatta, Kutim.

Puluhan peserta itu merupakan peserta dari berbagai koperasi di Kecamatan Bengalon, Kaliorang, Kaubun, Karangan, Sangkulirang, Kongbeng, Long Mesangat, Muara Ancalong, Muara Bengkal, Muara Wahau dan Rantau Pulung, dibuka Kepala Diskop dan UKM Kutim Darsafani, ditandai dengan pengalungan peserta, di Teras Belad (Restauran), Sangatta, Kutim.

Kepala Diskop dan UKM Kutim Darsafani, mengatakan, Bimtek itu tujuannya, untuk mendapatkan data yang akurat tentang perkembangan koperasi kemitraan perkebunan, perkembangan partisipasi anggota terhadap pelayanan, aset dan luasan kebun, kemitraan, permodalan, keuntungan sisa hasil usaha (SHU) serta peluang usaha yang lain menjadi kemitraan.

Darsafani menyebutkan, melalui Bimtek itu dapat mengidentifikasi permasalahan yang dihadapi koperasi dalam menjalin kemitraan. Mengetahui dampak positif dari kemitraan perkebunan dalam pengembangan potensi ekonomi dan adanya diversifikasi usaha koperasi.

“Tujuan lainnya adalah terjalinnya kerjasama dan kemitraan usaha, antara koperasi dengan pelaku usaha lainnya agar lebih memperkokoh perekonomian di Kutai Timur,” tuturnya.

Terakhir dirinya berharap Bimtek ini dapat membuahkan hasil yang baik untuk Koperasi dan Perusahaan sebagai mitra jaringan usaha dan menghasilkan beberapa rekomendasi untuk lebih memberdayakan koperasi pada pihak terkait.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here