Bupati Kutai Timur Ardiasnyah Sulaiman tengah meninjau progres perbaikan jalan longsor yang terjadi di poros Sangatta-Bengalon (30/11/2021). (foto: Istimewa)

Kabarestorasi.id – Guna memantau dan mengetahui progres penanganan perbaikan sekaligus pengerjaan terhadap lokasi jalan longsor di KM 26 poros Sangatta – Bengalon, Selasa (30/11/2021), Bupati Kutai Timur, Ardiansyah Sulaiman kembali meninjau lokasi jalan longsor dan pastikan sudah bisa di lalui kembali.

Didampingi Kadis PU Kutim M Muhir, Perwakilan PT Kaltim Prima Coal (KPC) Felly Lung, perwakilan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Kaltim, Herry Susanto, serta Wakil Ketua DPRD Kutim, Arfan didampingi Anggota DPRD Kutim, Masdari Kidang, Orang nomor satu di Kutai Timur itu pun menyampaikan apresiasinya setelah melihat progres di lapangan.

“Terima kasih kepada para pihak yang telah membantu,” ucap Bupati.

Lebih lanjut,  “Beberapa waktu lalu sempat terjadi kemacetan hingga 5 Km lebih. Karena, jalan ini memang terputus dan ada kendaraan berat yang tidak dapat lewat. Dengan koordinasi dan berkolaborasi, mulai dari Dinas PU, Anggota DPRD Kutim, BBPJN Kaltim dan perusahaan PT KPC, Alhamdulilah saat ini sudah dapat dilewati,” kata Ardiansyah.

Bupati menyebut bahwa ruas jalan yang rusak merupakan jalur utama perekonomian masyarakat. Karena jadi penghubung antar kecamatan di pesisir yang ada di Kabupaten Kutim. Ardiansyah menilai, lalulintas yang padat menunjukkan bahwa roda perekonomian di Kutim sangat tinggi.

Dalam kunjungan tersebut, Ardiansyah mengungkap kondisi vitalnya jalan antar provinsi tersebut. Dirinya lantas meminta pihak BBPJN agar segera memperbaiki kondisi jalan sepanjang Trans Kalimantan yang melewati Kutim. Sebab jalan Trans Kalimantan menjadi domain pemerintah pusat.

Kondisi jalan poros Sangatta – Bengalon Km26 yang longsor hari Minggu lalu, saat ini (30/11/2021) sudah bisa dilalui. Arus lalulintas pun berangsur normal. (foto: Istimewa)

“Di hari pertama PT KPC telah menurunkan unit alat berat untuk memastikan kemacetan dapat diatasi dan diurai agar berjalan dengan baik, ini semua sesuai dengan arahan dan himbauan dari Bapak Bupati melalui Kepala Dinas PU,” ungkap Superintendent Public Communication ESD PT KPC Felly Lung di kesempatan yang sama.

Felly Lung mengatakan pihaknya terkait jalan longsor di jalan poros Sangatta – Bengalon, selalu berkoordinasi dengan Dinas PU dan juga Anggota DPRD Kutim Dapil II, Masdari Kidang. Saat ini, jalan poros Sangatta – Bengalon sudah bisa dilalui kendaraan bermuatan berat, dan akses sementara kembali berangsur normal seperti biasanya.

“Ya jadi untuk kemacetan akibat kerusakan jalan sementara sudah teratasi, mudah-mudahan dengan ini tidak lagi menghambat lalu lintas masyarakat , baik dari Sangatta ke Bengalon maupun sebaliknya,” pungkas Felly.(/adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here