KUTAI TIMUR – Sosialisasi Perda Nomor 1 Tahun 2019 Tentang Perubahan Kedua Atas Perubahan Peraturan Daerah Provinsi Kalimantan Timur Nomor 1 Tahun 2011 Tentang Pajak Daerah Kembali digelar oleh Anggota DPRD Provinsi Kaltim, Ismail, ST.

Bertempat di RT 5 Kelurahan Singa Geweh, Kec. Sangatta Selatan, Kab. Kutai Timur. Sabtu (09/04/2022). Didampingi oleh Bapak Helmi dari Dinas Pendapatan Daerah Kalimantan Timur. Hadir dalam pertemuan masyarakat di sekitar kelurahan Singa Geweh Kec.Sangatta Utara.

Sebelum narasumber dari Dinas Badan Pendapatan Daerah menyampaikan materi sosialisasi, Ismail, ST berkesempatan membuka acara sosialisasi.

Dihadapan puluhan masyarakat yang hadir ismail menjelaskan maksud dan tujuan hadirnya beliau di Kec. Sangatta Selatan terutama didusun Singa Geweh.

Sangat beragam fungsi DPRD ucap Ismail, salah satunya berperan Dalam pembuatan peraturan daerah bersama pemerintah, Contoh salah satunya tentang pajak daerah, Karena semua pungutan daerah tidak hanya pemerintah yang memutuskan tetapi DPRD juga dilibatkan didalamnya. Sehingga sosialisasi perlu untuk dilakukan bersama-sama.

Sosialisasi Pajak Daerah ini memiliki lima (5) inti yang akan disampaikan, yaitu :

1.       Pajak kendaraan Bermotor
2.       Biaya Balik Nama Kendaraan Bemotor (BBNKB)
3.       Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor
4.       Pajak Air Permukaan
5.       & Pajak Rokok

Keputusan Gubernur memutuskan 2.5 milyar reward atau Hadiah bagi objek pajak yang membayar pajak kendaraan tepat waktu, dilakukan tahun 2021 kemarin ujarnya. Tahun ini semoga akan ada lagi reward.

Ismail menyampaikan bahwa tidak menutup kemungkinan masyarakat yang ada di wilayah ini bisa saja yang mendapatkan hadiah tersebut. Kita tidak tau rejeki dari Allah SWT, karena di tempat lain sudah ada terbukti dapat sepeda motor. Tapi ingat harus taat pajak tepat waktu.

Sementara itu, Narasumber dari Dinas Pendapatan daerah, Bapak M. Helmi, S. Sos., M. Si menjelaskan secara gamblang terkait Perda Nomor 1 Tahun 2019 Tentang Perubahan Kedua Atas Perubahan Peraturan Daerah Provinsi Kalimantan Timur Nomor 1 Tahun 2011 Tentang Pajak Daerah  ini. Masyarakat yang hadir sangat antusias dalam mendengarkan sosialisasi peraturan daerah ini.

Sosialisasi ditutup dengan ucapan terima kasih dari Dinas Pendapatan daerah serta Anggota DPRD Provinsi Kaltim, Ismail,ST atas partisipasi masyarakat dalam mendengarkan Sosialisasi ini, dan diharapkan dapat mematuhi peraturan yang sudah ada salah satunya taat Pajak. (dl*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here