Kutai Timur – Pengembangan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah daerah semata perlu peran semua pihak termasuk sektor swasta dalam upaya meningkatkan kemampuan mutu terutama bagi tenaga kerja daerah agar mampu berdaya saing dalam dunia industri yang semakin berkembang.

Hal itu di ungkapkan anggota komisi B DPRD Kabupaten Kutai Timur (Kutim) Faisal Rahman menanggapi kurangnya daya dukung yang di berikan oleh pemerintah daerah terhadap program pengembangan dan peningkatan kualitas SDM terutama bagi para tenaga keja daerah.

“Kalau memang dengan anggaran daerah tidak mampu, pemerintah bisa melibatkan perusahaan yang ada, saya yakin mereka juga mau,” terangnya Kamis(14/7/2022).

Berkolaborasi dengan pihak swasta(perusahaan), sambung Faisal, bisa menjadi alternatif pemerintah daerah terutama dengan perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan yang beroperasi di Kutim, yang di ketahui banyak menyerap tenaga kerja, dengan melakukan singkronisasi antara pemerintah dengan perusahaan dalam upaya meningkatkan kualitas SDM daerah.

“Pemerintah hanya menjadi koordinator, soal anggaran dan daya dukung pihak perusahaan yang menyiapkan, itu juga bisa”, ucapnya.

Terakhir, Faisal yang juga ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI Kutim) ini berharap Pemerintah untuk lebih serius dan konsisten melaksanakan rencana kerjanya agar target untuk mewujudkan pembangunan daerah bisa segera tercapai. (Adv/Rky)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here