Kutai Timur – Sekertaris Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Kutai Timur, Awang Amir, menyampaikan, totalnya ada 5 kelompok tani di Kabupaten Kutai Timur yang sudah mendapat bantuan pekarangan pangan lestari (P2L). Tujuan diberikan bantuan ini adalah untuk membantu masyarakat memenuhi kebutuhan pangan keluarga serta meningkatkan ekonomi melalui pemanfaatan pekarangan.

“Kalau dukungan atau support berupa bantuan yang bersumber dari APBD itu baru tahun ini berjalan. Ada 5 kelompok tani yang sudah mendapat bantuan pekarangan pangan lestari,” ucapnya.

Dijelaskan Awang, bantuan P2L ini diperuntukan bagi pelaksanaan pembangunan kebun bibit berupa rumah bibit dan sarana pembibitan, pengembangan kebun demplot kelompok. Dalam pelaksanaannya ada beragam jenis tanamannya dan itu bergantung dengan kebutuhan kelompok, akan tetapi harus memiliki nilai jual. Kemudian ada juga untuk kegiatan penanaman di lahan pekarangan anggota. Lalu ada juga untuk pengembangan pasca panen.

Kelompok tani yang mendapat bantuan ini juga bukan sembarangan, artinya mereka sudah terdaftar secara resmi di Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Kutai Timur.

“Mereka ini sudah terdaftar ya, jadi tidak serta merta kami memilih. Tetapi memang ada beberapa kriteria bagaimana kelompok tani bisa mendapat bantuan ini,” jelas dia.

Lebih lanjut ia menambahkan, sedangkan kelompok tani di Kabupaten Kuatir Timur yang juga mendapatkan bantuan serupa tapi bersumber dari APBN atau dari Pemerintah Pusat berjumlah 6 kelompok tani.(Adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here