Kutai Timur – Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Kutai Timur,  Sudirman Latif. Ia menjelaskan, langkah pertama yang ia lakukan untuk mencetak SDM unggul adalah dengan menggelar kegiatan pelatihan keterampilan atau keterampilan kerja.

Ada beberapa jenis pelatihan yang sudah dilaksanakan, seperti pelatihan las, alat berat, pelatihan welldone dan yang lainnya. Artinya, jenis pelatihan yang digelar disesuaikan dengan pangsa pasar di Kabupaten Kuati Timur.

“Kami berusaha untuk mengembangkan SDM agar bisa menjadi unggul. Ada beberapa jenis pelatihan keterampilan dan kerja yang kami gelar, seperti pelatihan las, pelatihan alat berat dan welldone. Intinya tergantung dengan pangsa pasar yang dibutuhkan,” jelasnya.

Sebagai bentuk komitmen dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Kutai Timur untuk mengembangkan SDM. Kata Sudirman, saat ini di Kabupaten Kutim sudah memiliki Balai Latihan Kerja Industri Mandiri yang mempunyai fungsi melaksanakan pelatihan berbagai macam kejuruan di bidang industri maupun non industri dalam rangka usaha menyediakan tenaga kerja terampil, mandiri, aplikatif, disiplin, produktif dan kompeten yang memiliki pengetahuan dan keterampilan industri dan aneka kejuruan

Kegiatan yang berlangsung di Balai Latihan Kerja Industri Mandiri ini, pihaknya juga bekerjasama dengan lembaga pelatihan swasta dan perusahaan yang ada di Kabupaten Kutim. Ini adalah sinergi yang baik untuk bisa mewujudkan SDM yang unggul.

“Kami saat ini juga sudah memiliki Balai Latihan Kerja Industri Mandiri, yang bisa memberikan pelatihan kerja kepada masyarakat di Kabupaten Kutim. Ini merupakan komitmen kami untuk menjadikan SDM disini menjadi unggul,” kata dia.

Sudirman menambahkan, dalam upaya untuk mewujudkan SDM yang unggul perlu adanya sinergi dan kolaborasi dari sejumlah pihak yang ada di Kabupaten Kutim, baik itu yang instansi negeri maupun swasta. (Adv/Q)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here