Kutai Timur – Dinas Perpustakaan dalam waktu dekat akan meluncurkan program E Kutim. E Kutim ini merupakan perpustakaan digital, yang akan menampung sekitar 950 judul buku yang bisa diakses masyarakat lewat HP, untuk dibaca dimana saja. Ini salah satu program kami untuk memudahkan masyarakat membaca berbagai macam buku yang ada.

Kepala Dinas Perpustakaan Kutim Ayub saat dijumpai awak media diruangannya mengatakan  “Aplikasi e-Kutim sudah siap digunakan, hanya saat ini kami hanya menunggu kesempatan Bupati kutai Timur untuk meluncurkan program tersebut,” kata Kepala Dinas Perpustakaan Kutim Ayub. Kamis (24/11/2022).

Perlu diketahui bahwa e-Kutim atau perpustakaan digital adalah sebuah sistem yang memiliki berbagai layanan dan obyek informasi yang mendukung akses obyek informasi tesebut melalui perangkat digital. Layanan ini diharapkan dapat mempermudah pencarian informasi di
dalam koleksi obyek informasi seperti dokumen, gambar dan database dalam format digital dengan cepat, tepat, dan akurat.

Sehingga eKutim ini adalah pengalihan buku – buku dalam bentuk fisik menjadi buku dalam bentuk buku eletronik. Dimana, untuk kesempatan pertama, ada 950 judul buku elektronik yang ada dialihkan ke buku elektronik.

Oleh karena itu, Dinas perpustakaan kini tidak lagi hanya bertumpu pada buku manual, namun harus pula memiliki buku digital untuk memudakan masyarakat membaca buku. “Kami berharap, di APBD perubahan ini E Kutim sudah launcing,” Pungkasnya.(Adv)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here