Kutai Timur  – Hari Guru Nasional, Ilham Ajak Guru Terus Berinovasi, Ciptakan Perubahan dan Kebaruan – Dalam momen Hari Guru Nasional (HGN) Plt Kadisdik Kutim Irma Yuwinda melalui Kabid Pendidikan Menengah Disdik Kutim, Ilham mengajak semua guru agar terus berinovasi, menciptakan perubahan dan kebaruan untuk melompat ke masa depan.

Ilham memaparkan selama tiga tahun terakhir dunia pendidikan terus membentangkan layar dengan memberi terobosan Merdeka Belajar. Ilham berharap terobosan Merdeka Belajar itu bisa terus berkembang sesuai dengan kebutuhan zaman.

Perubahan tidak hanya terjadi bagi guru, menurut Ilham, perubahan juga meliputi seluruh pegawai di Disdik yang terus dipacu untuk berinovasi, mengubah cara pandang dan cara kerja dalam memberikan layanan terbaik bagi pendidik dan peserta didik.

Beberapa perubahan yang telah dilakukan untuk para guru dalam Merdeka Belajar adalah terciptanya Platform Merdeka Mengajar, Program Guru Penggerak, Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) dan pengangkatan guru honorer menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) melalui seleksi ASN Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (ASN PPPK).

Ilham menjelaskan, Platform Merdeka Mengajar dirancang untuk memenuhi kebutuhan guru akan ruang untuk belajar, berkarya, dan berkolaborasi.

“Platform tersebut dibuat berdasarkan kebutuhan di lapangan, bukan keinginan Disdik. Ini adalah perubahan besar cara kerja pemerintahan dalam melayani masyarakat,” ujarnya.

Dalam Platform Merdeka Mengajar, guru bisa mengakses modul pembelajaran dengan gratis, mengunggah dan membagikan konten-konten praktik baik pembelajaran, dan terkoneksi dengan rekan sesama guru dari daerah lain.

“Saat ini era digitalisasi dimana guru diluar Kutim bisa terkoneksi dan saling berhubungan dengan guru luar pulau, untuk itu di momen ini saya mengajak seluruh guru agar bisa terus berinovasi dan menciptakan perubahan dan kebaruan,” tandasnya.(*Nur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here